Rabu, 06 Juli 2011

Pemanfaatan ms-paint dalam Pewarnaan Graf

Tantangan di era globalisasi saat ini menuntut SDM yang berkualitas dan unggul, agar mampu berkompetisi untuk memperoleh kesejahteraan hidup. Pentingnya orang belajar matematika, tidak terlepas dari perannya dalam berbagai kehidupan, misalnya berbagai informasi dan gagasan banyak dikomunikasikan atau disampaikan dengan bahasa matematika, serta banyak  masalah yang dapat  disajikan  ke dalam model matematika. Selain itu dengan mempelajari matematika, seseorang terbiasa berpikir secara sistematis, ilmiah, menggunakan logika, kritis, serta dapat meningkatkan daya kreatifnya.
Salah satu upaya pengembangan kemampuan matematik yaitu dengan menggunakan atau memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi (Information and Communication Technology , ICT). ICT yang dimaksud diantaranya meliputi audio, audio-visual, multimedia, internet, pembelajaran berbasis web, dan pembelajaran berbasis komputer.
Kemajuan di bidang ICT saat ini telah menimbulkan perubahan penting dalam berbagai aspek kehidupan, diantaranya perubahan pada pola belajar. Belajar siswa tidak lagi hanya mengandalkan tatap muka dengan guru, meskipun bahwa ada peran guru dalam pendidikan yang tak tergantikan oleh teknologi sekalipun. Dengan kemajuan ICT telah tercipta information market place (Tilaar,1999), yang memungkinkan manusia dapat berhubungan dengan yang lain, belajar satu dengan lainnya dengan lebih cepat serta tersedianya informasi secara cepat dan akurat.
Untuk dunia modern saat ini, menuntut penggunaan ICT dalam setiap pembelajaran melalui pengembangan sistem informasi kurikulum dengan memanfatkan situs-situs pendidikan di internet atau melalui bentuk aplikasi teknologi. Kehadiran ICT dalam pembelajaran akan membawa sebuah proses belajar yang  lebih bermakna dan variatif.
Penggunaan ICT dalam pembelajaran mengandung arti menggunakan ICT untuk belajar (using ICTs to learn) sebagai lawan dari belajar menggunakan ICT (learning to use ICTs). Belajar menggunakan ICT mengandung makna bahwa ICT masih dijadikan sebagai mata pelajaran. Kondisi ideal yang harus terjadi adalah menggunakan ICT untuk belajar.
UNESCO 2002  (Chaeruman,2004) menyatakan bahwa penggunaan  ICT dalam pembelajaran memiliki tiga tujuan, yaitu :1) untuk membangun “knowledge-based society habits” seperti kemampuan pemecahan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari/mengelola informasi, mengubah informasi tersebut menjadi pengetahuan baru dan menginformasikannya kepada orang lain, 2) untuk mengembangkan kemampuan menggunakan ICT atau “ICT literacy”, dan 3) untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran.
Salah satu bentuk aplikasi ICT yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah program aplikasi PAINT yang selalu ada pada setiap komputer. Paint (formerly Paintbrush for Windows) is a simple graphics painting program that has been included with all versions of Microsoft Windows. It is often referred to as MS Paint or Microsoft Paint. Program aplikasi ini dapat digunakan untuk menggambar dan mewarnai gambar, sehingga akan memudahkan dalam pewarnaan graf. Lebih dari itu kapasitas memori yang dimiliki komputer memungkinkan mahasiswa merekam hasil kerjanya dan menayangkan kembali manakala diperlukan. Penggunaan ms-paint ini merupakan salah satu kondisi ideal yang diharapkan, yakni using ICTs to learn, dalam hal ini penggunaan ms-paint dalam belajar tentang pewarnaan graf.
NCTM (2000) dalam Principles and Standards for School Mathematics, menyatakan bahwa teknologi elektronika, diantaranya komputer merupakan alat esensial untuk kegiatan belajar, mengajar, dan melakukan aktivitas matematika. Media elektronika ini diakui akan sangat membantu siswa dalam menangkap images dari gagasan-gagasan matematika, memfasilitasi siswa dalam mengorganisasi dan menganalisis data, disamping dapat membantu menghitung dengan cepat dan akurat. Penguasaan konsep dalam suatu pembelajaran matematika akan lebih cepat, jika dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas siswa diperkenalkan pada komputer yang didayagunakan secara efektif.
Segala perlengkapan (tools) yang dimiliki ms-paint tersebut sangat bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan matematik mahasiswa, yang melibatkan cara berpikir dan bernalar melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen: imajinasi, instuisi, dan penemuan melalui kegiatan membuat prediksi atau dugaan, mencoba-coba dan rasa ingin tahu; kemampuan pemecahan masalah, dan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan.
Tulisan ini akan memperlihatkan penggunaan ms-paint dalam pewarnaan graf yang terbatas pada beberapa teorema. Kita tidak akan bicarakan teoremanya, akan tetapi bagaimana proses hadirnya teorema tersebut dapat diperlihatkan dengan memanfaatkan ms-paint. Menyusun sebuah dugaan (conjectur) yang merupakan salah satu indikator dari kemampuan penalaran matematik. Dengan kata lain bagaimana menelusuri jejak para penemu melalui ms-paint.
Untuk selengkapnya silahkan baca artikelnya di Pemanfaatan Ms Paint dalam menyusun konjektur pewarnaan graf

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More